Jadi Tuan Rumah HLF MSP, Indonesia Tunjukkan Kepemimpinan di Pentas Global - INFO BALI NEWS

Selasa, 27 Agustus 2024

Jadi Tuan Rumah HLF MSP, Indonesia Tunjukkan Kepemimpinan di Pentas Global

Bali | Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah ajang bergengsi Indonesia Africa Forum (IAF) ke-II sekaligus High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) atau Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi-Pihak 2024.

Acara yang digelar sejak 1-3 September 2024 di Bali itu rencananya akan dihadiri oleh sejumlah pimpinan dan delegasi asing dalam rangka membahas sejumlah tantangan global dan penguatan kerja sama Indonesia-Afrika di berbagai bidang.

Direktur Politik Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Internasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Hendra Wahanu Prabandani menyebut bahwa forum HLF MSP merupakan kelanjutan dari berbagai program pemerintah selama ini. 

“Presidensi G20 sebelumnya telah menghasilkan Roadmap for Stronger Recovery and Resilience in Developing Countries. HLF MSP 2024 meneruskan estafet dari apa-apa yang sudah dibangun Pemerintah Indonesia sampai saat ini,” ujar Hendra.

Ia melanjutkan HLF MSP 2024 akan menjadi bukti nyata komitmen Indonesia yang mampu menggalang kemitraan multi-pihak, mulai dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, hingga akademisi.

Tak hanya itu, forum tersebut diharapkan menjadi katalisator untuk solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global, serta memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.  

“Kita ingin menyampaikan penekanan terhadap pentingnya kolaborasi antarpemangku kepentingan untuk penguatan tindakan kolektif dalam rangka memastikan kolaborasi dan kerja sama yang inklusif, menemukan solusi inovatif untuk menyelesaikan masalah global yang kita tahu semakin hari semakin kompleks,” ucapnya.

Senada, Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas) Bogat Widyatmoko mengungkapkan HLF MDP kan fokus pada isu-isu global dan memperkuat kerja sama negara-negara di selatan dan utara. 

"HLF MSP 2024 hadir sebagai platform untuk merespons berbagai krisis global yang telah memperlebar kesenjangan pembangunan antara negara-negara di Selatan dan Utara, serta memperlambat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Suistainable Development Goals (TPB/SDGs) 2030," ucapnya. 

Dirinya menegaskan Indonesia berkomitmen kuat untuk mendorong solidaritas global melalui forum HLF MSP yang akan digelar pada awal September nanti. 

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda